Circular Model of SOME dalam Komunikasi Korporasi MYLK di Media Sosial Instagram

  • Linda Tri Lestari Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Kevin Rohman Nurfauzi Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Khusnul Amalin Universitas Muhammadiyah Klaten
Keywords: Media sosial, Instagram, Branding, Marketing, Komunikasi koorporasi, Penjualan

Abstract

Penggunaan media social bagi perusahaan untuk melakukan branding dan marketing (pemasaran) untuk meningkatkan jumlah penjualan melalui jumlah pengikut yang banyak di media social nya. Media social yang kini sering sekali digunakan oleh generasi masa ini adalah media social instagram. Media Komunikasi koorporasi yang biasanya diggunakan bagi personal atau kelompok dalam sebuah perusahaan salah satunya adalah instagram. Perusahaan Mylk merupakan salah satu yang menggunakan media social instagram sebagai sarana untuk berkomunikasi. Penelitian ini bertujuan untuk memahami hubungan antara peningkatan follower media sosial Instagram dan peningkatan penjualan. Penggunaan metode dalam penelitiann ini adalah metode kualitatif. Penggunaan metode ini peneliti melakukan pengumpulan data dari hasil observasi media social instagram @mylk.almond dan wawancara kepada manajer mylk yang menggelola media sosialnya.  Data yang dikumpulkan berupa kata-kata dan juga berupa gambar. Data ini diperoleh dari observasi analisis menggunkan model dari The Circular Model of Some pada media social instagaram @mylk.almond dan naskah wawancara yang sudah dilakukan. Penelitian ini menghasilkan bahwa perusahaan Mylk menggunakan “Instagram” sebagai media untuk melakukan komunikasi dengan para pelanggan sehingga proses komunkasi korporasi guna branding dan marketing perusahaan bisa membantu peningkatan jumlah followers di media social @mylk.almond yaitu mencapai 20 ribu lebih pengikut di instagram yang pada akhinya akan memperngaruhi peningkatan pada penjualan Mylk. Melalui branding dan juga marketing perusahaan mylk di media sosial instagram terbukti juga mempengaruhi peningkatan jumlah penjualan mylk dilihat dari jumlah pelanggan yang memberikan review serta feedback setelah melakukan pembelian produk di media social seperti instagram story yang di repost oleh @mylk.almond yang terus bertambah.  Hal tersebut juga di sampaikan oleh manajer Mylk dalam proses wawancara.

Published
2024-08-01
Section
Articles