McDonald’s Indonesia Dalam Mengembalikan Kepercayaan Masyarakat

  • Ladyva Aurellia Calista Universitas Muhammdiyah Klaten
  • Adela Riyandini Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Pramesti Windasari Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Khusnul Amalin Universitas Muhammadiyah Klaten
Keywords: Manajemen Komunikasi, Kepercayaan Masyarakat, Transparansi dan Komunikasi Terbuka, Tanggung Jawab Sosial, Kemitraan dengan pihak terkait

Abstract

McDonald's merupakan Perusahaan makanan cepat saji dari Amerika yang merupakan restoran cepat saji terbesar di dunia. Hingga saat ini telah memiliki ribuan restoran yang tersebar di lebih dari 100 Negara, salah satunya Indonesia. McDonald’s mengalami krisis ekonomi terlebih McDonald’s Indonesia, karena akibat adanya isu bahwa McDonald’s mendukung terjadinya Genosida Israel terhadap Palestina. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui manajemen komunikasi yang dilakukan McDonald’s Indonesia dalam mengambil hati dan mengembalikan kepercayaan masyarakat Indonesia terhadap isu yang tengah dibicarakan tentang dukungan genosida. Riset ini dilakukan dengan pendekatan kualitatif Teknik pengumpulan data dilakukan dengan model observasi analisis berdasarkan konten instagram McDonald’s Indonesia. Hasil penelitian dari identifikasi ini menunjukkan bahwa McDonald’s Indonesia menggunakan strategi komunikasi dan kebijakan yang berfokus pada transparansi, tanggung jawab sosial perusahaan, dan kemitraan dengan pihak terkait untuk mengatasi dampak dari isu tersebut

Published
2024-08-01
Section
Articles