Analisis Sentimen Partai PKS dalam Media Sosial Di Era Pemilu

  • Azzahra Miftahul Jannah Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Nur Budi Sholekhah Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Khusnul Amalin Universitas Muhammadiyah Klaten
  • Farid Aji Prakosa Universitas Muhammadiyah Klaten
Keywords: Sosial Media, Pemilu 2024, Opini Masyarakat

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis sentimen negatif masyarakat terhadap Partai Keadilan Sejahtera (PKS) di media sosial pada pemilu 2024. Dengan pesatnya pertumbuhan media sosial, peran platform-platform tersebut dalam membentuk opini publik menjadi semakin penting, terutama dalam konteks politik. Pendekatan kualitatif mengumpulkan data dari berbagai platform media sosial seperti Twitter, dan Tiktok dengan menggunakan metode pengumpulan data online. Selain itu, ini juga akan mencakup survei online untuk lebih memahami persepsi dan sikap masyarakat terhadap partai PKS pada masa pemilu. Hasil penelitian ini diharapkan dapat memberikan wawasan mendalam mengenai dinamika politik dan opini publik di era digital serta memberikan kontribusi terhadap pemahaman mengenai peran media sosial dalam proses politik.

Published
2024-08-01
Section
Articles