STRATEGI KOMUNIKASI BIDHUMAS POLDA DIY DALAM MENCIPTAKAN BRAND IMAGE PROGRAM APLIKAS E-DUMAS PRESISI

  • Asfarotun Naja
  • Popi Andiyansari
Keywords: Strategi, Brand Image, Humas, Aplikasi E-Dumas Presisi

Abstract

Aplikasi Elektronik Pengaduan Masyarakat Prediktif, Responsibilitas, Transparansi Berkeadilan (E-Dumas Presisi) adalah aplikasi digital kepolisian yang dapat digunakan oleh masyarakat dalam melakukan pengaduan penyimpangan atau pelayanan terhadap anggota kepolisian. Aplikasi E-Dumas Presisi hadir disebabkan oleh tingginya kasus yang menjerat anggota kepolisian seperti kekerasan, pungutan liar maupun pelecehan seksual. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan deskriptif yang dianalisis dengan menggunakan model analisis PII yang membagi analisis menjadi tiga tahapan yakni, tahap persiapan, tahap impelementasi dan tahap dampak. Subjek dalam penelitian ini adalah program aplikasi E-Dumas Presisi. Teknik pengumpulan data menggunakan observasi, wawancara, dan dokumentasi. Hasil penelitian menunjukkan pada tahap persiapan, Bidhumas Polda DIY menentukan strategi berupa pengumpulan informasi mengenai program aplikasi E-Dumas Presisi. Selanjutnya pada tahap pelaksanaan menjelaskan kegiatan yang dilakukan dalam proses berlangsungnya sosialisasi untuk menyebarluaskan informasi mengenai program Aplikasi E-Dumas Presisi. Terakhir tahap dampak, yaitu keberhasilan dalam menciptakan brand image program aplikasi E-Dumas Presisi dilihat dari respon masyarakat dan kasus pidana di Kota Yogyakarta. Selain itu, Aplikasi E-Dumas Presisi mempermudah masyarakat dalam melaporkan tindak keamanan dan ketertiban kepada anggota kepolisian di wilayah Yogyakarta.

Published
2023-05-04
Section
Articles