Peran Humas sebagai Fasilitator Komunikasi dalam Program "Kembali Sekolah" Komunitas Sekolah Marjinal

  • Dwiyana Wijayanti Universitas Teknologi Yogyakarta
  • Popi Andiyansari Universitas Teknologi Yogyakarta
Keywords: humas, fasilitator, komunikasi, peran, kembali sekolah

Abstract

Penelitian ini berupaya memahami bagaimana peran Humas sebagai fasilitator komunikasi pada program “kembali sekolah” pada komunitas sekolah marjinal. Konteks peran humas yang menjadi fokus dalam penelitian ini adalah untuk mengevaluasi persiapan, implementasi, dan dampak program yang dolakukan oleh humas KSM. Program “kembali sekolah” merupakan program yang didirikan komunitas sekolah marjinal dalam memberikan akses kepada anak-anak kaum marjinal untuk mendaapatkan pendidikan informal dan formal. Penelitian ini menggunakan metodologi kualitatif dengan metode kualitatif deskriptif, prosedur pengumpulan data melalui observasi dan wawancara mendalam dengan pemilihan informan secara purposif. Hasil penelitian menunjukkan bahwa menunjukkan bahwa peran humas sebagai fasilitator komunikasi dalam program kembali sekolah melakukan strategi kehumasan yang terencana dan sistematis dengan mengadopsi model dari Cutlip, Center dan Broom yang berfokus pada penilaian atau evaluating yaitu dengan melakukan konseptualisasi dan desain program, monitoring dan akuntibilitas implementasi program dan penilaian utilitas program:dampak dan efisiensi.

Published
2023-07-31
Section
Articles