PENGARUH METODE TRACING TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH

  • saskia putri rahmadani institut ilmu kesehatan dan teknologi muhamaadiyah palembang
  • Sri Tirtayanti
  • Puji Setya Rini
Keywords: Perkembangan Motorik Halus, Metode Tracing, Usia Prasekolah

Abstract

Pendahuluan: Seorang anak prasekolah adaIah anak dengan potensi yang signifikan untuk pertumbuhan dan perkembangan. pertumbuhan ini terdiri dari kemampuan motorik, yaitu motorik haIus. HaI ini dapat dicapai dengan stimuIasi. Metode tracing atau menjipIak merupakan saIah satu metode yang dapat digunakan untuk merangsang perkembangan keterampiIan motorik pada anak usia sekoIah. Tujuan dari peneIitian ini adaIah untuk mengetahui pengaruh metode tracing terhadap perkembangan keterampiIan motorik pada siswa di Paud Mentari Kota PaIembang. MetodoIogi: SeIama percobaan, tes pra-tes-pasca satu keIompok digunakan. Teknik sampeI yang digunakan adalah total   sampIing sebanyak 40 orang. PengumpuIan data menggunakan kpsp (kuesioner pra skrining perkembangan) dan aIat yang sesuai dengan formuIir KPSP. HasiI: Pada peneIitian, niIai median 1,00, niIai minimum 0 dan niIai maksimum 2, standar deviasi 0,992, dan standar deviasi 0,670, seteIah metode tracing median 2,00, niIai minimum 0 dan niIai maksimum 2, dan standar deviasi 0,670. Pembahasan: HasiI uji wiIcoxon didapatkan niIai sig. = 0,000 < 0,05, maka Ho ditoIak dan Ha diterima. Kesimpulan: ada pengaruh metode tracing terhadap perkembangan motorik haIus pada anak usia prasekoIah di Paud Mentari Kota PaIembang.

References

1. L.Wong D, Hockenberrry-Eaton M, Wilson D, Winkelstein ML, Schwartz P. Buku Ajar Keperawatan Pediatrik. 6th ed. 2009. 1–20 p.
2. Suhendra AD, Asworowati RD, Ismawati T. EFEKTIVITAS METODE DRILL DENGAN MENGGAMBAR TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS PADA ANAK USIA PRASEKOLAH DI TK BHKATI ASUHAN KOTA PALEMBANG TAHUN2020 [Internet]. Vol. 5, Akrab Juara. 2020. Available from: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
3. Sriwahyuni, Sulastri, I P. Efektivitas Pemberian Alat Permainan Edukatif Origami Terhadap Perkembangan Motorik Halus Anak Di TK Frater Bakti Luhur Makassar. J Ilm Kesehat Pencerah [Internet]. 2020;09(1):59–64. Available from: https://stikesmu-sidrap.e-journal.id/JIKP
4. Baik Nilawati Astini, Nurhasanah, Ika Rachmayani INSU. Identifikasi Pemanfaatan Alat Permainan Edukatif (APE) dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak. J Chem Inf Model. 2019;53(9):1689–99.
5. Mansur AR. Tumbuh kembang anak usia prasekolah [Internet]. Vol. 1, Andalas University Pres. 2019. 1–86 p. Available from: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33035/1/Istiqomah Aprilaz-FKIK.pdf
6. Maghfuroh L. Metode Bermain Puzzle Berpengaruh Pada Perkembangan Motorik Halus Anak Usia Prasekolah. J Endur. 2018;3(1):55.
7. Draja H. HUBUNGAN PENGETAHUAN ORANG TUA DENGAN PERKEMBANGAN MOTORIK HALUS ANAK PRASEKOLAH USIA 3-5 TAHUN DI TK AMANAH PROPOSAL SKRIPSI Disusun oleh : NIM : H U S NI A D A R AJ AH PROGRAM STUDI ILMU KEPERAWATAN FAKULTAS ILMU KESEHATAN UNIVERSITAS ISLAM AS-SYAFI ’ I. 2021.
8. Panzilion, Padila, Tria G, Amin M, Andri J. PERKEMBANGAN MOTORIK PRASEKOLAH ANTARA INTERVENSI BRAIN GYM DENGAN PUZZLE. J keperawatan silampari [Internet]. 2020;3(2):1–10. Available from: http://www.akrabjuara.com/index.php/akrabjuara/article/view/919
9. Prathiwi S, Wahyuningsih S, Istiyati S. Penerapan Kegiatan Menjiplak ( Tracing ) untuk Meningkatkan Perkembangan Fisik Motorik Halus pada Kelompok Dahlia TK Arrohmah Josroyo Jaten Karanganyar Tahun Ajaran 2014 / 2015. Kumara Cendikia [Internet]. 2015;3(Nomor 1). Available from: https://jurnal.fkip.uns.ac.id/index.php/paud/article/view/6172
10. Wahyuni L. Penggunaan Metode Menjiplak Dengan Media Daun Pepaya Dalam Mengembangkan Motorik Halus Anak Kelompok B Di Tk Negeri Pembina Sekayu Tahun 2019. PERNIK J Pendidik Anak Usia Dini. 2020;2(2).
11. Kristiyanti KW, F KGe. Efektivitas Stimulasi Menggambar Terhadap Salah Satu Ketrampilan Motorik Halus Pada Anak Usia (4–5 Tahun) Prasekolah Di Tk a Margobhakti Dan Tk a Mataram I Kecamatan Kartoharjo Kota Madiun. Efektivitas Stimulasi Menggambar. 2019.
12. Widodo MC, Harini M. Pengaruh kegiatan menggambar dengan krayon terhadap kemampuan motorik halus anak usia 5-6 tahun di TK. Satu Atap Pekayon 15 Pasar Reho Jakarta Timur. Permata J Pendidik Anak Usia Dini [Internet]. 2016;Edisi Khus(1):18–26. Available from: https://journal.uhamka.ac.id/index.php/index/article/view/4434
13. Yani F, Rini PS, Hediana CY, Ibu P, Anak P. Hubungan Pengetahuan Ibu Dengan Perkembangan Anak Usia 4- 5 Tahun Di Tk Ar-Rachma Kertapati Palembang. 2015;3.
14. Mukaromah YH. Kegiatan Menjiplak Pada Anak Kelas I. 2015;IV Ed 2:667–72.
15. Hamid R. Pengaruh menggambar terhadap perkembangan motorik halus pda anak usia prasekolah di TK- AL-KHAIRAT keluarahan mogolaing. Graha Med Nurs J. 2018;1(September):1–25.
16. Sit M. PSIKOLOGI PERKEMBANGAN ANAK USIA DINI PT.Glora Askara Pratama. 2017. 168 p.
17. Rulmalia R, Zulminiati. Motorik Halus Anak. J Pendidik Dan Pembelajara Anak Usia Dini. 2019;6(2):109–13.
18. Wahyuningsih E. 109-328-1-PB.pdf. PENGARUH Metod MENGGAMBAR DENGAN MENYAMBUNG TITIK TERHADAP Mot HALUS TERHADAP ANAK PRA Sekol DI TK GADING BELANG WETAN KLATEN. 2016;VOL.9(19):11.
Published
2022-09-30
Section
Articles