HUBUNGAN PENGGUNAAN GADGET DENGAN PERKEMBANGAN PERSONAL SOSIAL ANAK PRASEKOLAH TAMAN KANAK KANAK DI DESA POGUNG CAWAS
Abstract
Abstrak
Latar Belakang .Anak usia prasekolah sendiri adalah anak yang rentang usianya antara 4 sampai dengan 6 tahun. Penggunaan gadget merupakan salah satu faktor perkembangan personal sosial anak tidak diberi kebebasan dalam menggunakan gadget. Perkembangan Personal sosial adalah aspek yang berhubungan dengan kemapuan kemandirian dan bersosialisai. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan penggunaan gadget dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah Taman Kanak Kanak Di Desa Pogung Cawas. Metode :Penelitian ini menggunakan deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi ini adalah anak yang berada di Taman Kanak Kanak Pogung Cawas. Responden penelitian ini sebanyak 88 responden yang diperoleh dengan tekhnik total sampling dan jumlah sampel 77 responden. Instrumen dengan menggunakan koesioner dan DDST II. Analisa data bivariat menggunakan uji Kendal Tau. Hasil penelitian anak terbanyak berjenis kelamin laki-laki (55,8%), rerata usia 5,41 tahun. Hasil penelitian menunjukkan 68,8% anak menggunakan gadget rendah dan 81,8% anak perkembangan personal sosial yang normal. Hasil uji Kendall Tau menunjukkan ada hubungan antara penggunaan gadget dengan perkembangan personal sosial p =0,014 sehingga p < α(0.05). Kesimpulan pengguaan gadget memiliki hubungan yang signifikan dengan perkembangan personal sosial anak prasekolah di Taman Kanak kanak di Desa Pogung Cawas
Kata Kunci : Pra sekolah, Gadget, Perkembangan Personal Sosial
References
1. Ningsih DA, Ambarwati V. Hubungan Pola Asuh Ibu Dengan Perkembangan Personal Sosial Pada Anak Pra Sekolah Di Paud Fatma Kenanga Kota Bengkulu. CHMK Heal J. 2020;4(1):118–23.
2. Izzaty ER. Perilaku Anak Prasekolah. IKAPI, editor. Jakarta: PT Elex Media Komputindo; 2017.
3. Soetjiningsih IGR&. Tumbuh Kembang Anak. EGC BK, editor. Jakarta; 2015.
4. Khairul Putriana, Pratiwi EA, Wasliah I. Hubungan Durasi dan Intensitas Penggunaan Gadget dengan Perkembangan Personal Sosial Anak Usia Prasekolah (3-5 Tahun) di TK Cendikia Desa Lingsar Tahun 2019. J Kesehat Qamarul Huda [Internet]. 2019;7(2):5–13. Available from: http://www.jkqh.uniqhba.ac.id/index.php/kesehatan/article/view/112/76
5. Manumpil B, Ismanto A, Onibala F. Hubungan Penggunaan Gadget Dengan Tingkat Prestasi Siswa Di Sma Negeri 9 Manado. J Keperawatan UNSRAT. 2015;3(2):112721.
6. Anggraeni S. Pengaruh Pengetahuan Tentang Dampak Gadget Bagi Kesehatan Terhadap Perilaku Penggunaan Gadget Pada Siswa SDN Kebun Bunga 6 Banjarmasin. Faletehan Heal J. 2019;6(2):64–8.
7. Wahyu Novitasari NK. Dampak Pengguaan Gadget Terhadap Interkasi Sosial 5-6 Tahun. PG PAUD, Fak Ilmu Pendidikan, Univ Negeri Surabaya [Internet]. 2013;53(9):1689–99. Available from: /citations?view_op=view_citation&continue=/scholar%3Fhl%3Dpt-BR%26as_sdt%3D0,5%26scilib%3D1&citilm=1&citation_for_view=wS0xi2wAAAAJ:2osOgNQ5qMEC&hl=pt-BR&oi=p
8. Nurhakim S. Buku Pintar Dunia: Dunia dan Komunikasi Gadget. Murni BB, editor. Jakarta: Bestari Buana Murni; 2015.
9. Ruslianti, Dahlia Y. Gizi dan Kesehatan Anak Prasekolah. Bandung: ROSDA; 2015. 133 p.
10. Tk DI, Darmaji D. Hubungan Durasi Bermain Gadged ( Game Edukasi ) Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 4-6 Tahun Relationship Duration of Playing Gadged ( Educational Game ) With Children ’ S Development Level Aged 4-6 Years Old At Kindergarten School. 2019;1(2):61–9.
11. Aisyah N. Relasi Gender dalam Institusi Keluarga. Muwazah. 2014;5(2):32–54.
12. Siva E, Rohmah N. Hubungan Bermain dengan Interaksi Sosial pada Anak Usia Prasekolah (4-6 tahun) di RA. Nahdlatuth-Thalabah Kesilir Kecamatan Wuluhan. UNSPECIFIED thesis, UNSPECIFIED. 2019;
13. Waqidil H, Andini CK. Hubungan antara Tingkat Pendidikan Ibu dengan Perkembangan Balita Usia 3-5 Tahun (Suatu Studi di Kelurahan Kadipaten Kecamatan Bojonegoro Kabupaten Bojonegoro Tahun 2014). Asuhan Kesehat. 2016;7(2):27–31.
14. Dahlan J. Puisi Syauqi dalam patriotisme Mesir dan kerukunan umat beragama. 2012; Available from: http://digilib.uinsby.ac.id/21628/
15. Triastutik. Bermain Gadget Dengan Tingkat Perkembangan Anak Usia 5-6 (di TK Bina Insani Jombang). 2018;
16. Fansen. Pengaruh Pekerjaan Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak Usia Dini Di Paud Yasporbi Kota Bengkulu. Skripsi, Fak Tarb Dan Tadris Inst Agama Islam Negeri (IAIN), Bengkulu. 2020;
17. Indonesia U, Jannah SNUR, Teknik F, Arsitektur PS. Diajukan sebagai salah satu syarat untuk memperoleh gelar Sarjana. 2011. 1–146 p.
18. Baiti N. Pengaruh Pendidikan, Pekerjaan Dan Pola Asuh Orang Tua Terhadap Kemandirian Anak. JEA (Jurnal Edukasi AUD). 2020;6(1):44.
19. Ayuningsih R, Fajarini YI, Hermawati E. Pengaruh Penggunaan Gadget Dengan Aplikasi Game Edukatif Terhadap Perkembangan Kognitif Pada Anak Usia 5-6 Tahun Di Tk Darussalam 02 Kartasura Sukoharjo Intisari. J Ilmu Kesehat Stikes Duta Gama Klaten. 2018;10(2):20–30.
20. Trinika Y. Pengaruh Penggunaan Gadget Terhadap Perkembangan Psikososial Anak Usia Prasekolah (3-6 Tahun) di TK Swasta Kristen Immanuel Tahun Ajaran 2014-2015. Naskah Publ. 2015;12(Juni):1–11.
21. Van Deursen AJAM, Bolle CL, Hegner SM, Kommers PAM. Modeling habitual and addictive smartphone behavior: The role of smartphone usage types, emotional intelligence, social stress, self-regulation, age, and gender. Comput Human Behav [Internet]. 2015;45:411–20. Available from: http://dx.doi.org/10.1016/j.chb.2014.12.039
22. Kurniawati D. Pengaruh Penggunaan Gadget terhadap Prestasi Siswa. Edukatif J Ilmu Pendidik. 2020;2(1):78–84.
23. Tamsil HA. Permasalahan penggunaan gadget pada tumbuh kembang anak usia dini di masa pandemi covid-19. J Cendekiawan Ilm PLS. 2021;6(1):44–9.
24. Mansur AR. Tumbuh Kembang Anak Usia Prasekolah [Internet]. Vol. 1, Andalas University Pres. 2019. 1–86 p. Available from: http://repository.uinjkt.ac.id/dspace/bitstream/123456789/33035/1/Istiqomah Aprilaz-FKIK.pdf
25. Musyafirah M, Andriani, Hapsah. Related Factors of Social Personal Task Achievement of Preschool Children. Indones Contemp Nurs J. 2016;1(1):31–7.
26. Maria I, Novianti R. The Effects of Using Gadgets during the Covid-19 Pandemic on Children’s Behaviour. Aṭfāluna J Islam Early Child Educ. 2020;3(2):74–81.
27. As-Tsauri MS, Arifin BS, Tarsono T. Efek Penggunaan Smartphone Berkelanjutan Di Masa Pandemi Covid 19 Terhadap Perkembangan Psikologis Anak. Elem J Ilm Pendidik Dasar Islam. 2021;3(1):14.
28. Putri Bungsu S. DAMPAK PEMBELAJARAN DALAM JARINGAN ( DARING ) TERHADAP PERKEMBANGAN MOTORIK KASAR ANAK USIA. 2021;5(1):11–20.
Copyright (c) 2022 Setianingsih, Endang Sawitri, Apriani T
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.