HUBUNGAN KECANDUAN GAME ONLINE DENGAN POLA TIDUR PADA REMAJA PUTRA
Abstract
Game online adalah game atau permainan dimana banyak yang dapat bermain pada waktu yang sama dengan melalui jaringan komunikasi online. Kecanduan game online yang dialami saat usia remaja, bisa mempengaruhi sisi aspek sosial remaja dalam menjalani kehidupan sehari- hari. Menurut WHO (World Health Organization) kurang lebih 18% dari penduduk dunia pernah mengalami susah tidur, sehingga menyebabkan tekanan jiwa bagi para penderitanya.Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui hubungan kecanduan game online dengan pola tidur pada remaja putra di dusun III desa bakaran batu kecamatan batang kuis kabupaten deli serdang, Penelitan ini bersifat deskriptik analitik yang bertujuan untuk mengetahui gambaran tentang realitas pada obyek yang diteliti secara objekif tentang hubungan kecanduan game online terhadap pola tidur pada remja putra di dusun III desa bakaran batu. Penelitian dilakukan mulai Maret sampai Agustus dengan populasi sebanyak 87 responden dan sampel seluruh responden dijadikan menjadi sampel (total sampling) denganinstrument berupa kuesioner.Pengelolaan data dengan cara editing, coding, tabulating dan data entry hasil penelitian yang pola tidurnya terganggu kecanduan game onlineterdapat 32 responden (52,5%) remaja yang pola tidurnya terganggu tidak kecanduan game online 29 responden (47,5%) dan remaja yang pola tidurnya tidak terganggu kecanduan game online 23 responden (88,5%) remaja yang pola tidurnya tidak terganggu tidak kecanduan game online 3 responden (11,5%).Hasil penelitian.Dari hasil uji statistik di peroleh nilai Odd Ratio (OR) = 0,039. 95% CI = 0,039-0,530 dan P value 0,003 < 0,05 yang artinya ada hubungan signifikan antara kecanduangame online terhadap pola tidur.Diharapkan dapat memanfaatkan waktu sebaik mungkin dan membatasi dalam bermain game online sehingga dapat terpenuhinya kebutuhan tidur
References
[2] Aryani, M. 2013. Hubungan AntaraGame Online Terhadap Kesehatan Dengan Perilaku Tidur Di SMA Negeri 1 Pleret Bantul. Emphaty, 2(1), 1-16.
[3] Asosiasi Penyelengara Jasa Internet Indonesia (APJII). 2017. Penetrasi Dan Perilaku Pengguna Internet Indonesia survey 2017[serial online] [disitasi pada maret 2018]. Diakses dari UR L: https://web.kominfo.go.id/sites/default/files/laporan%20%Survei20APJII 2017 v1.3.pdf.
[4] Budiman & Riyanto Agus, (2014). Kapita Salekta Kuisioner Pengetahuan Dan Penelitian Kesehatan. Jakarta. Selemba Medika
[5] Gurysinga Fitri Mona, (2019). Hubungan kecanduan game online dengan pola tidurdi SMA Negeri 1 Deli Tua Kecamatan Deli Tua Kabupaten Deli Serdang.
[6] Hidayat Alimul A.A, (2010) Metode Penelitian Kesehatan ParagdigmaKuanitatif, Jakarta: Health Book
[7] Krista, (2017). Pengaruh game online terhadap remaja, Medan
[8] Kusmiran Eny, (2016). Kesehatan reproduksi remaja dan wanita, jakrta. Salemba Medika
[9] Notoadmodjo Soekidjo, (2010). Metodologi Penelitian Kesehatan, Jakarta. Rineka cipta.
[10] Rahayu Endang, (2014). Kamus kesehatan, Jakarta. Mahkota kita
[11] Sugiyono, (2009). Metode Penelitian, Kuantatif, Kualitatif, Dan R&D. Bandung Alfabeta
[12] Trisnani Pramudia Rischa, (2018). Stop kecanduan game online, UNIPMA PRESS
[13] Widia Lidia (2015). Anatomi Fisiologi dan Siklus Kehidupan Manusia, Yogyakarta. Nuha Medika
Copyright (c) 2022 Erin Padilla Siregar
This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.