HUBUNGAN SISTEM PEMBELAJARAN ONLINE DENGAN TINGKAT KECEMASAN PADA MAHASISWA PRODI ILMU KEPERAWATAN DI STIKES MUHAMMADIYAH KLATEN
Abstract
Infeksi coronavirus merupakan penyakit yang disebabkan oleh virus corona. Wabah penyakit coronavirus (COVID-19) ditetapkan sebagai kedaruratan kesehatan masyarakat yang meresahkan dunia dan sudah menyebar ke berbagai negara. Upaya untuk mengantisipasi penyebaran virus corona, yaitu sekolah dan perguruan tinggi menutup pembelajaran tatap muka dan menggantinya dengan pembelajaran daring atau belajar online. Penerapan kebijakan belajar di rumah membuat sebagian remaja khususnya siswa atau mahasiswa merasa cemas dan tertekan. Tujuan penelitian ini untuk mengetahui hubungan antara system pembelajaran daring dengan kecemasan mahasiswa. Penelitian ini menggunakan desain deskriptif korelasi dengan pendekatan cross sectional. Populasi penelitian ini adalah mahasiswa ilmu keperawatan tingkat IV STIKes Muhammadiyah Klaten. Responden penelitian sebanyak 40 responden yang diperoleh dengan teknik total sampling yang sesuai dengan kriteria inklusi dalam penelitian. Instrument pengumpulan data menggunakan kuesioner. Analisa data bivariat menggunakan uji kendall tau. Hasil penelitian menunjukkan (67.5%) mahasiswa mengalami belajar online baik dan (92.5%) mahasiswa mengalami tingkat kecemasan ringan Hasil uji kendall tau menunjukkan ada hubungan antara system pembelajaran online dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa (p=0,008; r = 0,418). Ada hubungan yang signifikan antara system pembelajaran online dengan tingkat kecemasan pada mahasiswa prodi ilmu keperawatan di Stikes Muhammadiyah KlatenReferences
1]. Muyasaroh H. Kajian Jenis Kecemasan Masyarakat Cilacap dalam menghadapi Pandemi Covid 19. LP2M UNUGHA Cilacap [Internet]. 2020;3. Available from: http://repository.unugha.ac.id/id/eprint/858
[2]. Hakiman. Pembelajaran Daring pada Mahasiswa. 2020.
[3]. Hastini LY, Fahmi R, Lukito H. Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia ? J Manaj Inform. 2020;
[4]. Morgan H. Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. Clear House A J Educ Strateg Issues Ideas [Internet]. 2020;93(3):135–41. Available from: https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480
[5]. Chaterine RM. Sekolah Diliburkan Cegah Corona, Nadiem Berlakukan Sistem Belajar Online. 2020;
[6]. Raharjo DB, Sari RRN. Belajar online di tengah corona, ada siswa mengeluh tensi darah naik. Suara. 2020.
[7]. Beaudreau, S. A., & O’Hara R. The association of anxiety and depressive symptoms with cognitive performance in community-dwelling older adults. Psychol Aging. 2016;
[8]. Annisa DF, Ifdil I. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor. 2016;5(2):93.
[9]. Kaplan H. & SB. Sinopsis Psikiatri 8 th ed. jakarta: Bina Rupa Aksara; 2015.
[10]. Ulfa Ujen Zenal ZDM. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. J Sport Sci Educ [Internet]. 2020;(Vol 5, No 2 (2020)):124–38. Available from: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/downloadSuppFile/9654/2552
[11]. Hasanah U, Ludiana, Immawati, PH L. Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):299–306.
[12]. Li HY, Cao H, Leung DYP, Mak YW. The psychological impacts of a covid-19 outbreak on college students in China: A longitudinal study. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(11).
[13]. Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker JF. Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. 2020;
[14]. Yanti MP, Nurwulan NR. Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Depresi, Stres, Dan Kecemasan Mahasiswa. J Muara Pendidik. 2021;6(1):58–63.
[15]. Sahu P. Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus. 2020;2019(4).
[16]. Hawari D. Manajemen Stres Cemas Dan Depresi.” in Manajemen Stres Cemas dan Depresi. jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2016.
[17]. Arby. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam tugas akhir masa pandemi covid-19. 2017;
[18]. Anta j. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam tugas akhir masa pandemi covid-19. 2018;
[19]. Gunadha, R., & Rahmayunita H. Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin. 2020.
[20]. Kompas. Hambatan dan Solusi Belajar dari Rumah. 2020.
[21]. Watnaya A, Kusnayat M, Hifzul M, Nani Sumarni M, A. salim & Z, Yulianti Q. Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampak terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach J Edukasi Dan Teknol Pembelajaran, 1(2), 153–165 https//doi.org/1037859/eduteach.v1i21987. 2020;
[22]. Angraini D V. Faktor Penyebab Stres Akademik pada Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan. 2018;
[2]. Hakiman. Pembelajaran Daring pada Mahasiswa. 2020.
[3]. Hastini LY, Fahmi R, Lukito H. Apakah pembelajaran menggunakan teknologi dapat meningkatkan literasi manusia pada generasi Z di Indonesia ? J Manaj Inform. 2020;
[4]. Morgan H. Best Practices for Implementing Remote Learning during a Pandemic. Clear House A J Educ Strateg Issues Ideas [Internet]. 2020;93(3):135–41. Available from: https://doi.org/10.1080/00098655.2020.1751480
[5]. Chaterine RM. Sekolah Diliburkan Cegah Corona, Nadiem Berlakukan Sistem Belajar Online. 2020;
[6]. Raharjo DB, Sari RRN. Belajar online di tengah corona, ada siswa mengeluh tensi darah naik. Suara. 2020.
[7]. Beaudreau, S. A., & O’Hara R. The association of anxiety and depressive symptoms with cognitive performance in community-dwelling older adults. Psychol Aging. 2016;
[8]. Annisa DF, Ifdil I. Konsep Kecemasan (Anxiety) pada Lanjut Usia (Lansia). Konselor. 2016;5(2):93.
[9]. Kaplan H. & SB. Sinopsis Psikiatri 8 th ed. jakarta: Bina Rupa Aksara; 2015.
[10]. Ulfa Ujen Zenal ZDM. Dampak Pandemi Covid-19 terhadap Perilaku Belajar, Sosial dan Kesehatan bagi Mahasiswa FKIP Universitas Palangka Raya. J Sport Sci Educ [Internet]. 2020;(Vol 5, No 2 (2020)):124–38. Available from: https://journal.unesa.ac.id/index.php/jossae/article/downloadSuppFile/9654/2552
[11]. Hasanah U, Ludiana, Immawati, PH L. Gambaran Psikologis Mahasiswa Dalam Proses Pembelajaran Selama Pandemi Covid-19. J Keperawatan Jiwa. 2020;8(3):299–306.
[12]. Li HY, Cao H, Leung DYP, Mak YW. The psychological impacts of a covid-19 outbreak on college students in China: A longitudinal study. Int J Environ Res Public Health. 2020;17(11).
[13]. Zhang, D., Zhao, J. L., Zhou, L., & Nunamaker JF. Can e-learning replace classroom learning? Communications of the ACM. 2020;
[14]. Yanti MP, Nurwulan NR. Pengaruh Pembelajaran Daring Pada Depresi, Stres, Dan Kecemasan Mahasiswa. J Muara Pendidik. 2021;6(1):58–63.
[15]. Sahu P. Closure of Universities Due to Coronavirus Disease 2019 (COVID-19): Impact on Education and Mental Health of Students and Academic Staff. Cureus. 2020;2019(4).
[16]. Hawari D. Manajemen Stres Cemas Dan Depresi.” in Manajemen Stres Cemas dan Depresi. jakarta: Fakultas Kedokteran Universitas Indonesia; 2016.
[17]. Arby. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam tugas akhir masa pandemi covid-19. 2017;
[18]. Anta j. Gambaran faktor-faktor yang mempengaruhi kecemasan mahasiswa dalam tugas akhir masa pandemi covid-19. 2018;
[19]. Gunadha, R., & Rahmayunita H. Kuliah Online saat Corona Picu Ketimpangan Akses Bagi Mahasiswa Miskin. 2020.
[20]. Kompas. Hambatan dan Solusi Belajar dari Rumah. 2020.
[21]. Watnaya A, Kusnayat M, Hifzul M, Nani Sumarni M, A. salim & Z, Yulianti Q. Pengaruh Teknologi Pembelajaran Kuliah Online di Era Covid-19 dan Dampak terhadap Mental Mahasiswa. EduTeach J Edukasi Dan Teknol Pembelajaran, 1(2), 153–165 https//doi.org/1037859/eduteach.v1i21987. 2020;
[22]. Angraini D V. Faktor Penyebab Stres Akademik pada Siswa (Studi Deskriptif pada Siswa Kelas 4 dan 5 SD Bentara Wacana Muntilan. 2018;
Published
2021-11-02
Section
Articles

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.