ANALISIS PELAPORAN INSIDEN KESELAMATAN PASIEN : STUDI KASUS DI RUMAH SAKIT ISLAM JEMURSARI SURABAYA
Abstract
Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) merupakan suatu sistem untuk mendokumentasikan laporan insiden pemulihan, analisis dan solusi untuk pembelajaran. Setiap insiden yang terjadi di rumah sakit wajib dilaporkan ke Sub Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS). Namun pada prakteknya pelaporan insiden keselamatan pasien di rumah sakit masih belum maksimal. Tujuan penelitian studi kasus ini untuk mengidentifikasi dan menganalisis pelaporan insiden keselamatan pasien yang ada di Rumah Sakit Islam Jemursari Surabaya. Penelitian ini menggunakan metode kualitatif dengan pendekatan studi kasus. Pengumpulan data dilakukan dengan wawancara, observasi, serta data sekunder. Partisipan penelitian ini yaitu pegawai yang melaporkan insiden keselamatan pasien, dan 1 informan yaitu Ketua Sub Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Hasil menunjukkan bahwa masih belum optimalnya pelaksanaan pelaporan insiden keselamatan pasien dikarenakan masih terdapat beberapa permasalahan pada proses pelaporan insiden keselamatan pasien seperti kesalahan dalam pengisian jenis insiden dan grading risiko serta saat pelaporan sering ditemui bahwa yang sering melapor yaitu koordinatornya. Berdasarkan diagnosis masalah melalui diagram fishbone, terdapat 4 akar permasalahan yaitu kurangnya pengetahuan, persepsi takut disalahkan, kurang kesadaran untuk melapor, dan kurang mengerti alur pelaporan. Saran pada permasalahan tersebut yaitu dengan melakukan sosialisasi guna refresh terkait insiden keselamatan pasien, alur pelaporan, budaya no blaming, serta evaluasi secara berkala dari Tim Keselamatan Pasien Rumah Sakit (KPRS) ke tiap-tiap unit.
References
2. Permenkes RI. Peraturan Menteri Kesehatan Republik Indonesia Nomor 11 Tahun 2017 Tentang Keselamatan Pasien. Jakarta: Kementerian Kesehatan RI; 2017.
3. Humairoh S. Mampukah Mengurangi Hambatan Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien Rumah Sakit? 2017;
4. Komite Keselamatan Pasien Rumah Sakit. Pedoman Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP). Jakarta; 2015.
5. Subagyo J. Metode Penelitian Dalam Teori Dan Praktik. Jakarta: Rineka Cipta; 2011.
6. Riyanto Y. Metodologi Penelitian Pendidikan Surabaya. Penerbit SIC; 2010.
7. Abdullah N, Nasionalita K. Pengaruh Sosialisasi Terhadap Pengetahuan Pelajar Mengenai HOAX. 2018;6:106–19.
8. Mazdayani, Sayekti W., Nugraha A. Pengaruh Pengetahuan, Keterampilan, Motivasi dan Kompensasi Terhadap Kinerja Mandor Sadap di PT Perkebunan Nusantara VII (Persero). 2014;2.
9. Alias, Serang S. Pengaruh Pengetahuan, Sikap Kerja dan Pengalaman Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. J Ilmu Ekon. 2018;1.
10. Harsono, Widjanarko B, Prabamurti P. Pengaruh Tingkat Pengetahuan Terhadap Kinerja Tenaga Kontrak Promotor Kesehatan Dalam Pelayanan Promosi Kesehatan Puskesmas di Kabupaten Indramayu. J Kesehat Indra Husada. 2018;6.
11. Gunawan TH, Fajar Y. Analisis Rendahnya Laporan Insiden Keselamatan Pasien di Rumah Sakit. J Kedokt Brawijaya. 2016;
12. Simanullang F. Pengaruh Budaya Keselamatan Pasien dan Kepemimpinan Kepala Ruang Terhadap Praktik Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien (IKP) oleh Perawat di RSUD Ungaran. 2018;
13. Wanda M Y, Nursalam N, Wahyudi AS. Analisis Faktor yang Mempengaruhi Pelaporan Insiden Keselamatan Pasien pada Perawat. Fundam Manag Nurs J. 2020;3.
14. Mashuri N. Pengaruh Persepsi Blame Culture Terhadap Sikap Perawat Dalam Melaporkan Insiden Keselamatan Pasien Di RSIS A.Yani dan RSIS Jemursari. 2017;2–4.
15. Sutrisno F., Minarsih M. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Kinerja Pegawai di Kantor Satuan Polisi Pamong Praja Kota Semarang. J Manajement. 2016;
16. Bogar M., Nursalam, Dewi Y. Model Peningkatan Kinerja Perawat Unit Gawat Darurat (UGD) Berdasarkan Asosiasi Karakteristik Individu, Karakteristik Organisasi dan Karakteristik Pekerjaan. J Ners. 2013;8:271–82.
17. Agustin F. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Prestasi Kerja pada PT. Hero Sakti Motor Gemilang Malang Jawa Timur. 2012;
18. Bestari M. Pengaruh Motivasi dan Disiplin Kerja Terhadap Prestasi Kerja pada PT.Indosat, Tbk Cabang Malang. 2011;
19. Marcahyono. Pengaruh Kualitas Pelayanan Internal dan Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan Menggunakan Path Analysis. 2012;
20. Mahardhika R, Hamid D, Ruhana I. Pengaruh Motivasi Kerja Terhadap Kinerja Karyawan. J Adm Bisnis. 2013;
Copyright (c) 2021 Nur Sa'adah Nashifah

This work is licensed under a Creative Commons Attribution-ShareAlike 4.0 International License.